Macam-macam Jenis Mesin Pertanian Modern

Macam-macam Jenis Mesin Pertanian Modern – Sahabat Softize yang berbahagia. Faktor kesuksesan seorang petani ini tidak luput dari penunjang penunjangnya. Salah satu penunjangnya adalah alat pertanian. Alat pertanian sebagai penunjang kesuksesan seorang petani ini mulai dari yang kecil hingga yang besar. Nah di kesempatan saya kali ini saya akan memberikan artikel tentang alat pertanian modern yang bisa digunakan oleh petani yang ada di Indonesia.
Kira kira apa saja ya alat pertanian yang modern dan bisa digunakan oleh petani yang ada di Indonesia ini ?

Beberapa Jenis Mesin Pertanian Olah Tanah

  • Mesin Pertanian Traktor

Nah yang pertama adalah Traktor, mungkin sebagain besar petani yang ada di Indoensia sudah memiliki Traktor ini. Mesin traktor ini memiliki banyak bentuknya, mulai traktor yang kecil hingga traktor yang besar. Traktor ini juga berfungsi sebagai alat bantu proses pengolahan tanah seperti menarik atau mendorong alat pengolahan tanah ini sehingga bisa mendapatkan hasil bajakan yang kita inginkan.
Traktor ini memilik 2 jenis yaitu menggunakan roda rantai dan juga roda dua. Fungsinya jika menggunakan roda rantai biasanya digunakan untuk kondisi tanah yang berlumpur. Sedangkan traktor yang menggunakan roda dua ini biasanya digunakan pada kondisi tanah yang kering.

Bagi para petani, pengolahan tanah ini adalah hal yang sangat mutlak dilakukan sebelum melakukan proses penanaman bibit. Karena dengan adanya pengolahan tanah dengan baik dan benar ini maka prosess penanaman akan lebih mudah. Dan juga akan baik sekali untuk si buah yang di tanamnya. Disini ada banyak sekali alat pengolahan tanah, mulai dari dari penggembur, sapai alat pembentukan parit, seperti di bawah ini :

  • Rotavator

Mesin Pertanian Modern
Mesin Pertanian Modern

Alat yang pertama adalah Rotavator, alat ini digunakan untuk pengolahan tanah pertama dan yang kedua. Alat ini digunakan ketika mulai memotong, mencacah, dan membolak balikan tanah.

  • Kultivator

Kultivator ini sendiri adalah alat yang digunakan untuk penyiangan tanaman, sebenarnya kalau secara logikanya penyiangan adalah sebuah pemeliharaan bukan pengolahan. Tapi karena alat yang digunakan ini juga mendukung traktor maka ini bisa di gunakan untuk pemeliharan juga.

  • Bajak Singkal

Bajak Singkal adalah alat yang digunakan untuk membolak balikan tanah. Ada beberapa jenis bajak singkal yaitu bajak singkal satu arah dan juga bajak singkal dua arah. Namun gambar yang berikan di atas adalah contoh gambar bajak singkal dua arah.

  • Garu Sisir

Garu sisir ini bisa kita gunakan setelah pengolahan dari bajak singkal tadi, proses ini kita lakukan pada sawah saat dalam keadaan basah. Agar tanah yang bongkah bongkah tadi bisa menjadi gembur.

  • Garu Piring

Garu Piringan ini bisa kita gunakan pada awal sebelum penanaman, yaitu di saat membersihkan rumput atau sesudah penanaman benih yang sudah di sebar lalu untuk menutupinya, bisa menggunakan garu piring ini agar lebih mudah.

Beberapa Jenis Mesin Pertanian untuk Menanam

Mesin pertanian ini berfungsi sebagai alat yang bisa digunakan untuk membantu penanaman benih atau bibit. Dengan menggunakan mesin tanam ini bisa mengatasi kurangnya tenaga kerja untuk menanam benih tersbeut. Selain bisa mengatasi kurangnya tenaga kerja, mesin tanam ini juga bisa membantu petani dalam memperluas garapan dan intesitas tanam juga pelaksanaan kegiatan yang tepat waktu.

Penanaman adalah proses penempatan benih atau biji kedalam tanah dengan kedalaman tertentu, atau menyebarluaskan biji ke permukaan tanah dengan tujuan agar bisa mendapatkan percambahan atau pertumbuhan tanaman dengan baik. Berikut contoh mesin tanam yang bisa digunakan para petani yang ada di Indonesia.

  • Mesin Penanaman Jagung

Alat ini bisa membantu para petani dalam menanam biji jagung, apalagi jika petani tersebut memiliki lahan yang sangat luas. Dengan mesin ini, petani bisa lebih mudah dan lebih cepat dalam menanam benih jagung walau dengan lahan yang luas.

  • Mesin Penanaman Padi

Alat yang kedua ini bisa membantu petani dalam menanam padi, alat ini sudah banyak digunakan oleh para petani yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan alat ini bisa membantu para petani dalam menanam padi tanpa memerlukan banyak tenaga kerja, karena dengan mesin ini pengerjaanya pun bisa lebih cepat.

Nah demikianlah beberapa alat pertanian modern yang bisa digunakan oleh para petani yang ada di Indonesia. Semoga pertanian di Indonesia ini bisa lebih maju dalam hal pertaniannya.